FOLLOW US :

  • Pastikan Koran Mingguan Jaya Pos menjadi salah satu referensi anda.
  • Kritik & Saran konstruktif : GRATIS langganan Koran Mingguan Jaya Pos selama 1 bulan

Safari Jawa – Bali AB2TI

Diskusi Pertanian di P4S Sriwijaya

Oleh : Badi | 08 Agustus 2017 | Dibaca : 182 Pengunjung

Diskusi Pertanian di P4S Sriwijaya

sumber foto :Jaya Pos

SELTIM - Dalam rangka safari  Jawa-Bali mulai  21 Juli – 1 Agustus 2017, pengurus pusat AB2TI (Asiosiasi Bank Benih Teknologi Dan Tani Indonesia) mengunjungi P4S Sriwijaya,Desa Gadungan Kecamatan Selemadeg Timur, Kamis (27/7/2017). Kegiatan ini bertujuan menengok saudara kami jaringan AB2TI  di Bali untuk mengetahui dampak dari serangan hama ,penurunan produksi,  permasalahan beras yang berpengaruh pada harga gabah. AB2TI sudah berada di 13 Provinsi terbentuk di 84 kabupaten/kota. AB2TI adalah organisasi mandiri dan independen. “Kami memiliki program konservasi ,pengembangan tanaman lokal untuk menyelamatkan dan mengembangkan varietas benih “ujar Ketua AB2TI Dwi Andreas.

Peserta diskusi hadir I Gede Made Budiartawan Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Tabanan, Made Artana (Bapelitbang ) , Wayan Nistra (Pekaseh Pupuan), Wayan Windia  (Pekaseh subak gebang gading atas desa Tegal Mengkeb) dan masyarakat petani lainya sekitar 15 orang .

Suasana diskusi non formal begitu santai ditemani kopi dan pisang goreng, suasana akrab ala petani duduk lesehan membahas isu-isu nasional tentang pertanian , media Jaya Pos mendapat kehormatan untuk ikut urun rembug . Kali ini safari AB2TI pusat roadshow ke Bali juga mempersiapkan teknis pertemuan pertanian  internasional rencana oktober 2017 di Nusa Dua

Prof.Dwi Andreas Santosa yang juga Guru Besar Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) pada kesempatan tersebut memaparkan siapapun menguasai benih artinya menguasai kehidupan juga. Ia menyampaikan  78 % benih holtikultura ini dikuasai multinasional corporation , dikuasai oleh perusahaan asing dan semakin lama semakin tinggi benih jagung hibrida 90 % dikuasai oleh perusahaan asing, sekarang ini program pemerintah terkait bantuan langsung benih untuk jagung hibrida tahun 2016 dimenangkan oleh satu perusahaan saja yaitu PT Bisi jadi bisa dibayangkan perusahaan perusahaan lain mati gara gara itu dan karena mereka tidak bisa jualan benih jagung ke petani karena beli jagung sudah diberi gratis oleh pemerintah sedangkan kontraknya yang megang adalah PT Bisi.

Tahun 2017 diubah sekemanya  pemerintah menetapkan porsi perusahaan asing ini hanya boleh 60 persen sementara yang 40 persen adalah benih jagung  karya-karya peneliti Indonesia tapi akibatnya sama saja benih-benih yang berasal dari peneliti ,benih-benih yang dikelola petani  nggak punya fasilitas sehingga lewat belakang, tetap PT Bisi yang  masuk, ini kita khawatirkan benih jagung berdampak serius, penguasaan benih semakin tunggal ke PT Bisi.

Gerakan AB2TI  terkait dengan benih , petani harus bisa, harus berdaulat mampu menguasai benih kembali karena apa, karena nenek moyang kita dulu kan,  benih  nggak pernah dikuasai perusahaan , benih dikuasai petani. Melalui gerakan AB2TI perlahan-lahan kita akan kembalikan kesana melalui program “ Daulat Benih” , kenapa benih ini penting, sebab 60% benih menentukan sukses tidaknya usaha pertanian “ujar Dwi.

Sejalan dengan tujuan AB2TI yang berdaulat dalam benih yang sasaranya adalah meningkatkan kesejahteraan petani dipaparkan  Ketua AB2TI Bali Ir. Nyoman Wira Adnyana juga pemilik P4S Sriwijaya yang konsern pada beras sehat program gerbang pangan serasi, bahwa dengan adanya peran akademis dan pemerintah Ia berharap dunia pertanian kita semakin maju.

Namun ditengah pesatnya kemajuan teknologi , semeton petani khususnya di Bali  jangan lupa dengan perhitungan lama seperti perhitungan wariga/astrologi  dalam bercocok tanam selain didukung bibit yang berkualitas serta kebijakan pro petani, memang sederhana untuk pertanian perlu ada lahan, insfrastruktur, air dan market .

Paling tidak dengan terbentuknya AB2TI di Bali yang terdiri dari masyarakat petani, komunikasi bawah dan pusat terwadahi sebab AB2TI sudan menjalin sinergi dengan Kementan selain itu kami akan memberikan saran dan kritik kepada pemerintah terkait pertanian . AB2TI organisasi adalah independen yang memiliki program konservasi pengembangan tanaman lokal untuk menyelamatkan dan mengembangkan varietas benih,  yang digagas Prof. Dwi Andreas Santosa yang juga Guru Besar Institut Pertanian Bogor kami harap sinergi petani, akademisi, pemerintah melalui organisasi ini semoga tujuan masyarakat petani sejahtera ,berdaulat benih bisa tercapai “ujar Nyoman .(Badi)


Oleh : Badi | 08 Agustus 2017 | Dibaca : 182 Pengunjung


TAGS : pertanian




Berita Terkait :


Berita Lainnya :

, 24 Juli 2017 05:05
Lima Ribuan Krama Bali Daftarkan Diri Ikut Sapuh Leger dan Mebayuh Oton Massal
TABANAN – Program “Meyadnya” yang digagas Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti ...
, 19 Juli 2017 07:16
Wabup Sanjaya Ngaturang Bhakti Di Pura Luhur Pucak Petali
PENEBEL - Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama rombongan Pengurus Cabang Siwa Murti ...
, 17 Juli 2017 01:01
Yudisium XVIII Mapindo Tabanan
TABANAN - Yudisium XVIII Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata Manajemen Pariwisata Indonesia ( ...
, 17 Juli 2017 01:00
Perbekel Diharapkan Tidak Khawatir dengan Saber Pungli
KERAMBITAN- Perbekel selaku aparat pemerintah di desa diharapkan tidak takut untuk mengikutsertak ...
, 05 Juli 2017 05:58
Bupati Eka Penuhi Undangan Pemerintah Kota Toyama
Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Ni Putu Eka Wiryastut ...
, 02 Juli 2017 09:39
Desa Pitra Kembali Gelar Parade Seni dan Budaya
PENEBEL – Warga Desa Pitra, Kecamatan Penebel, pada Sabtu (1/7/2017), kembali menggelar eve ...
, 21 Juni 2017 05:55
7-9 Juli 2017, Tanah Lot Creative Food & Art Festival 2017 Digelar
TABANAN - Tanah Lot masih menjadi primadona sebagai destinasi wisata di Kabupaten Tabanan. Keelok ...
, 21 Juni 2017 05:50
Biznet Berikan Layanan Free Wifi di 7 Titik
TABANAN - SEBAGAI wujud untuk memberikan layanan secara maksimal ke masyarakat, Biznet  memb ...
, 19 Juni 2017 06:40
Bupati Eka Buka Jatiluwih Agriculture Festival 2017
PENEBEL - DIBAWAH terik matahari, Jumat (16/6/2017) sekitar jam 13.00 Wita, Bupati Kabupaten Taba ...
, 05 Juni 2017 04:01
TP PKK Tabanan Melakukan Pembinaan di Desa Kukuh Marga
MARGA - Dalam rangka meningkatkan kinerja PKK Kecamatan dan PKK Desa di Kabupaten Tabanan, TP PKK ...

Lihat Arsip Berita Lainnya :