E-KTP Mobile Sasar Sekolah

TABANAN - Setelah sukses dalam uji coba e-KTP Mobile di Rumah Serasi Desa Batuaji, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tabanan kini melanjutkan pelayanan dengan sistem bergerak. Kali ini menyasar sekolah. Program yang disebut “KTP Berkah” ini merupakan terobosan dalam upaya meningkatkan kepemilikan KTP Elektronik.  “Kami sengaja menyasar sekolah dengan pertimbangan sekolah memiliki jumlah wajib KTP yang belum melaksanakan perekaman EKTP yang cukup banyak” Ujar Kepala Dinas Dukcapil IGA Rai Dwipayana, Selasa (21/9/2016).

Menurut Rai Dwipayana, pihaknya melakukan inovasi pendekatan pelayanan melalui pelayanan KTP berbasis sekolah dengan mengambil pilot project KTP Berkah dilakukan di SMK Negeri 1 Tabanan pada Selasa (20/9) dan tanggal 23 September di SMK Negeri 2 Tabanan. Dikatakan, sasaran program KTP Berkah adalah siswa yang telah berusia 17 tahun atau lebih.

Dengan pelayanan jemput bola ini mendapat sambutan dari siswa. Mereka mengaku terbantu dengan adanya sistem pelayanan mobile seperti ini.  Mereka berharap program ini dapat terus berlanjut mengingat banyak siswa yang belum memiliki kesempatan untuk perekaman di sekolah.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, Disdukcapil menggandeng Biznet, perusahaan penyedia jaringan handal bertaraf internasional sehingga pelaksanaan EKTP Mobile tersebut berjalan lancar.

Secara umum hasil pelaksanaan pilot project KTP Berkah cukup memuaskan dan mampu memberikan andil bagi peningkatan jumlah penduduk yang sudah perekaman KTP Elektronik. Hal ini dibuktikan dengan adanya permintaan dari pihak sekolah seperti yang disampaikan oleh Waka Kesiswaan SMKN 1 Tabanan yang sejak awal ikut memantau. “Siswa SMK setlah tamat nanti akan langsung bekerja, sehingga diperlukan dukungan dokumen kependudukan yang lengkap” Ujarnya. (*/P)

Komentar