Kembali Raih Adipura, Bupati Tabanan Gelar Syukuran

TABANAN - Atas keberhasilan seluruh elemen masyarakat Tabanan yang berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan sehingga berhasil meraih kembali penghargaan tertinggi di bidang kebersihan, Adipura Buana untuk Kabupaten Tabanan, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menggelar syukuran bersama ratusan petugas kebersihan serta Kabupaten Tabanan serta unsur terkait, Rabu (31/8) di lapangan Tenis, Dangin Carik, Tabanan.

Menurut Bupati Eka, acara syukuran yang digelar ini sebagai ungkapan rasa syukur dan apresiasi atas prestasi yang dapat diraih Tahun ini, yakni, Adipura Bhuana dan Manggala Karya Kencana untuk Kabupaten Tabanan. Penghargaan ini merupakan penghargaan tertinggi atas penyelenggaraan dan pengelolaan kebersihan yang identik dengan sampah. Serta kebijakan pengendalian penduduk melalui pemanfaatan kontrasepsi dalam rangka menciptakan pertumbuhan penduduk yang seimbang dan keluarga sejahtera, ungkapnya.

“Kebijakan pengelolaan kebersihan dan pengendalian pertumbuhan penduduk ini adalah kebijakan strategis yang harus kita lakukan secara berkesinambungan dan harus diimplementasikan dalam prilaku kehidupan masyarakat kita”, jelas Eka.

Dikatakannya juga, masalah sampah yang dirasa saat ini sudah semakin kompleks. Dan yang kena dampaknya adalah lingkungan, dan kesehatan masyarakat Tabanan. Disisi lain pertumbuhan penduduk yang meningkat yang mencapai 1,2 %, juga mendapat perhatian dari Bupati Eka. “Pertumbuhan ini berdampak negative bagi terhadap perekonomian dan upaya peningkatan Kesejahteraan Masyarakat”, ujarnya.

Mengenai hal tersebut, dirinya menghimbau sekaligus mengajak seluruh elemen yang ikut dalam acara tersebut dan masyarakat Tabanan agar membiasakan diri hidup bersih, mengurangi timbulan sampah di tingkat rumah tangga dan melaksanakan prilaku untuk mengolah sampah melalui pembentukan Bank Sampah. Sambungnya, untuk menanggulangi hal tersebut diharuskan tahun 2017 mendatang setiap Desa di Kabupaten Tabanan sudah mempunyai Bank Sampah.

Tidak lupa juga Bupati Eka menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa bangganya kepada petugas kebersihan dan kepada seluruh masyarakat Tabanan. Karena telah bekerja keras dan berperan aktif untuk menjaga kebersihan di Tabanan. “prestasi ini merupakan wujud kemenangan bagi seluruh masyarakat Tabanan. Bukan hanya Pemerintah saja yang bertugas menjaga kota Tabanan, tetapi ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama demi mewujudkan masyarakat Tabanan yang lebih baik”, tandasnya.

Disamping itu, keberhasilan ini hendaknya tidak membuat kita  lupa diri dan takabur, pesan Bupati Eka kepada seluruh jajaran SKPD Tabanan. Momentum ini dikatakan harus dijadikan motivasi untuk terus berinovasi dan bekerja lebih keras lagi guna mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi di masa yang akan dating. “Menpertahankan lebih sulit daripada mendapatkan, kedepan saya harapkan agar semua ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Saya mempunyai keyakinan, itu bisa diraih selama kita semua sepakat dan berkomitmen, saling bekerjasama serta selalu menanamkan kesadaran untuk mengapainya”, tutup Bupati Eka.

Pada kesempatan tersebut Bupati Eka memberikan uang motivasi sebesar Rp. 200 ribu  kepada seluruh petugas kebersihan di Kabupaten Tabanan. Selain itu Bupati Eka juga menyempatkan diri menghibur para para petugas kebersihan disana serta beramah tamah.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara acara, I Wayan Sugatra mengatakan, anugrah Tropy Adipura Buana dan Penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Kabupaten Tabanan merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan. Yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam urusan penyelenggaraan Pemerintah Daerah di bidang Lingkungan Hidup dan Keluarga Berencana, jelasnya.

Dia juga menegaskan, Adipura Buana dianugrahkan kepada Pemerintah Daerah yang mempunyai komitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan. Dan mampu menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan. Sedangkan Anugrah Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada Bupati yang mempunyai komitmen tinggi baik secara politis maupun operasional terhadap program keluarga berencana, tegasnya. “Penghargaan ini patut kita apresiasi dan syukuri sebagai anugrah untuk terus berinovasi, bekerja keras, cerdas dan tuntas. Sehingga tercipta ekosistem dan lingkungan yang ideal menjadikan Kabupaten Tabanan yang mandiri, berdaya saing demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat”, kata Sugatra yang juga Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan. (Humas)

Komentar