Pewiwahan Yang Menawan

TABANAN - Dalam sebuah bukunya Makna Pernikahan Hindu karya IGA Darmayana, SH.MH menjawab pernikahan merupakan sebuah proses penggabungan dua pribadi berbeda menjadi satu kesatuan yang otentik sehingga tidak dikenali lagi pribadi-pribadi sebelumnya. Dibagian akhir bukunya juga dijelaskan pernikahan tampak rumit, sebenarnya tidaklah seperti itu.

Didalam pernikahan kita belajar mengendarai tanggung jawab dan jangan lupa orang menikah banyak yang merasa menderita bukan disebabkan  sulitnya menyatukan cara pandang namun lebih dikarenakan belum memiliki kuat sebagai pengetahuan mendalam, mengenai makna dan pernikahan itu.

Ketika ditemui di acara pewiwahan Ida Bagus Adi Nilarta Manuaba S.Kom dengan I Gusti Ayu Suaputri S.Kom tanggal 22 Juli 2016 di Geria Jaksa Manuaba Tabanan,  IGA Darmayana kepada kedua mempelai memberikan pesan penting bahwa pernikahan adalah perlambang sebuah kehidupan yang mulia sehingga pernikahan apapun tantanganya patut dijalani dengan dua hal yakni ketulusan dan kesetiaan.

Diakhir pertemuan ia memberikan  motivasi motivasi kepada kedua mempelai yang ceria. “Janganlah menjadi buih yang pecah ketika dihantam ombak, jadilah angin yang menciptakan gelombang. Artinya sebagai  penyadaran bahwa sebuah pernikahan tidak mungkin tampak indah tanpa timbul suka duka, cinta atau rasa cemburu, tetapi  hal itulah menciptakan keindahan” Demikian motivasinya kepada kedua mempelai. (Badi)

Komentar