Warga Desa Padangan Pupuan Kini Nikmati Air Bersih

PUPUAN - Desa Padangan Kecamatan Pupuan melakukan pembangunan jaringan air bersih skala desa. Pembangunan ini merupakan perbaikan dari jaringan bantuan Unicep pada 1986. Seperti yang dikatakan Perbekel Desa Padangan Ir. I Wayan Warditha, anggaran pembangunannya berasal dari dana desa sebesar 250 juta rupiah. Dikerjakan secara swakelola dengan memakai bantuan gambar dan tenaga teknis dari PDAM Tabanan. “Pembangunan dimulai tahun 2015 lalu, namun sempat terhenti menunggu pelantikan perbekel baru” Kata Warditha, Senin (13/6/2016).

Pembangunan jaringan air bersih yang diperuntukkan bagi 550 KK di Desa Padangan meliputi bongkaran tempat pemasangan pipa, pemasangan pipa sampai rumah tangga, pemasangan aksesoris dalam rangka menstabilkan distribusi air seperti pemasangan palp di beberapa titik. Dan terakhir adalah rabat beton bekas galian. “Saat ini pelaksanaan seratus persen selesai tinggal pelaporan saja” Jelas perbekel yang dilantik Desember 2015 lalu.

Warditha juga menerangkan kalau sumber air berasal dari wilayah desanya di bagian utara. Selain digunakan untuk kebutuhan air bersih rumah tangga, dengan selesainya pembangunan jaringan air bersih tersebut diyakini mampu menggerakkan perekonomian masyarakat terutama peternak ayam pedaging dan peternak babi. “Kami masih mengalami kendala karena debit air makin berkurang. Karenanya kami berupaya mencari sumber air baru yang memadai” Ujarnya. (*/JP)

Komentar