Festival Ulun Danu Beratan 2016 Makin Meriah

BATURITI - Dibandingkan tahun sebelumnya, Ulun Danu Beratan Culture and Art Festival yang digelar untuk ketiga kalinya semakin meriah. Hal itu nampak saat pembukaan Minggu (5/6/2016) dipenuhi oleh warga dan wisatawan. Nampak pula banyak turis asing yang antusias menonton parade tari dan pertunjukan budaya. Selain menonton parade budaya pengunjung juga diajak mengenal beragam kekayaan kuliner lokal. Event yang digelar untuk kali ketiga ini, dibuka Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Kawasan Pariwisata, Husen Alaydrus yang sangat mengapresiasi digelarnya festival tersebut. “Kolaborasi potensi budaya masyarakat dan gairah Ulun Danu menjadi daya tarik wisatawan, baik lokal dan internasional," katanya.

Sementara Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menyatakan kebanggaannya dengan antusias warga mengikuti event yang mengambil tema Amurwa Ranu Laksana (Mengenang Masa Lampau Danau). Kata dia Tabanan memiliki banyak warisan leluhur, kekayaan alam seperti Pura Ulun Danu Beratan ini. Event ini membangun semangat untuk melestarikan budaya," ucap Bupati Eka.

Danau Beratan yang terletak di ketinggian 1.231 mdpl menyuguhkan panorama memukau Bukit Pangelengan. Kecantikannya diperkuat oleh aura religius Pura Ulun Danu Beratan, yang menjadi latar festival budaya ini, yang akan berlangsung sampai 14 Agustus 2016.

Hari pertama festival ditampilkan beragam parade dan pementasan mulai dari Bleganjur, Gebogan, Okokan serta beragam tari tradisional. Selain itu agenda akan diisi atraksi lomba sampan dayung, penebaran ikan, demonstrasi memasak ikan dan berbagai kegiatan lainnya. (*/JP)

Komentar