Permudah Akses, Warga Belimbing Buka Jalan Baru

PUPUAN - Puluhan warga Tibu Tiying  Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan minggu lalu melakukan gotong royong membuka jalan baru yang menghubungkan daerah Pemudungan - Tempek Tibu Tiying - Tempek Yeh Mahpah, Subak Nyangglad, Desa Belimbing. Pembukaan jalan usaha tani sepanjang 3.000 meter dan lebar 4,5 meter itu dilakukan untuk mempermudah warga mengakses lahan pertanian sekitar. Seperti pengangkutan bibit, pupuk, dan produksi hasil pertanian dan perkebunan yang ada disana. “Dibukanya akses jalan tersebut membuat petani di daerah itu lebih mudah mengangkut hasil padi mereka”, kata tokoh masyarakat setempat, I Gusti Nyoman Omardani, A.Ma.

Omardani yang juga anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Tabanan itu memaparkan jalan tersebut akan meringankan beban warga dalam jasa angkutan dan meningkatkan perekonomian mereka. Jalan ini sangat dibutuhkan warga karena bisa membuka akses sampai pelosok baik untuk akses pengangkutan hasil pertanian dan perkebunan maupun akses transportasi dan aksebilitas sehari-hari.

"Permasalahan yang dihadapi para warga kita hampir sama yakni sulitnya akses jalan. Jadi kami berusaha membuka jalan usaha tani sehingga warga dapat ditingkatkan kesejahteraannya," katanya.

Dikatakan mantan Perbekel Belimbing ini, jalan ini dibuka dengan swadaya masyarakat sejak tahun 2015 dan rencananya tahun 2016 ini di bantu oleh Pemkab untuk pembetonan dengan nilai sekitar 200 juta rupiah.

Ia berharap, dengan dibangunnya jalan tersebut, disamping pertanian, potensi pariwisata juga bisa berkembang baik. Daerah ini cocok untuk kegiatan tracking dan wisata alam, pemandangan teras siring sawah dan aliran sungai Balian sangat bagus. “Budaya pertanian masyarakat masih mempertahankan tradisi lokal, kawasan ini juga pusat penghasil buah-buahan lokal seperti durian dan manggis” Pungkasnya. (***/Put)

Komentar