Pilkada 2015 Rakyat Memilih Langsung

TABANAN - Dalam sistem Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 nanti dipastikan rakyat akan tetap memilih secara langsung. Hal ini tinggal menunggu pembahasan di DPR untuk segera mendapat kepastian hukum Jika Pilkada sebelumnya rakyat memilih paket calon, dengan sistem yang baru hanya memilih Kepala Daerah (Bupati/Walikota) saja, sedangkan wakilnya nanti diusulkan oleh Bupati/Walikota terpilih. Demikian dikatakan Ketua KPU Bali Periode 2013-2018, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi kepada Jaya Pos, Minggu (21/12).

Ditambahkan, untuk kabupaten/kota yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 250 riby orang dapat memiliki 2 orang wakil yang bisa berasal dari PNS atau non PNS. Sesuai hasil Rakornas 17 Desember 2014 acuan Pilkada adalah pada Perpu Nomor 1 tahun 2014. Dalam hal ini pada tahun 2015 di Bali akan menggelar Pilkada pada 5 Kabupaten/Kota, termasuk Tabanan. Pilkada 2015 itu akan dilaksanakan secara serentak pada hari dan bulan yang sama di seluruh Indonesia. “Saat ini KPU sudah menyelesaikan draf PKPU. Tinggal mengkonsultasikan dengan DPR” Jelasnya.

Pria kelahiran  Jembrana ini berharap Pilkada tahun 2015 di Bali dapat berjalan lebih baik, lebih demokratis dan akuntabel. Dalam hal ini, untuk mewujudkan sukses Pilkada KPU tidak bisa sendiri, dukungan dan partisipasi masyarakat sangat penting. Oleh karena itu sambil menunggu regulasi dari pusat para pihak yang berkompeten agar melakukan persiapan-persipan sesuai dengan tugas dan kewenangan masing, sehingga pada saatnya akan betul-betul siap menghadapi Pilkada 2015.

Ditanya kesiapan Tabanan dalam Pilkada nanti, Raka Sandi mengatakan prinsipnya semua daerah, termasuk Kabupaten Tabanan menyatakan kesiapannya. KPU Tabanan sudah mengajukan usulan. “Semoga tidak ada kendala dalam hal anggaran. Anggaran itu dipersiapkan saja dulu dan baru akan dipergunakan jika sudah ada kepastian regulasi dari pusat” Imbuhnya.

 

KPU Bali Sabet Penghargaan Terbaik Nasional

Komisi Pemilihan Umum Pusat memberikan penghargaan kepada KPU daerah yang dinilai berprestasi dalam menggelar Pemilihan Umum 2014 lalu. Penghargaan diserahkan dalam acara Rakornas KPU, KPU/KIP Provinsi dan KPU/KIP kabupaten/kota di Ecopark, Ancol, Jakarta, Rabu, (17/12).

Untuk tingkat Provinsi KPU Bali tepilih dalam katagori Kreasi Sosialisasi dan Partisipasi Pemilu serta Transparansi Informasi Pemilu. Untuk 2 katagori ini Bali terbaik di tingkat nasional. Sedangkan untuk katagori Daftar Pemilih Berkualitas masuk nominasi di urutan ke dua.

Atas penghargaan yang diterima,  KPU Bali mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan seluruh masyarakat Bali. “Tanpa dukungan dan partisipasi para stake holder masyarakat, tentu kami bukan apa-apa” Ujar Raka Sandi. (***)

Komentar