Ditengah Ketatnya Kompetisi Perbankan : Kinerja BPD Bali Memuaskan

TABANAN - Ditengah suasana kompetisi antar perbankan yang sedemikian ketatnya dewasa ini, tentunya bukan pekerjaan yang mudah bagi manajemen bank untuk menjaga dan mempertahankan agar bank tetap solid dan eksis serta mampu memberikan keuntungan atau laba yang besar sesuai yang diharapkan. Di Bali terdapat  52 bank umun yang resmi beroperasi sehingga terjadi perbankan yang sangat ketat. Namun demikian, PT. Bank Pembangunan Daerah Bali (BPD Bali) membuktikan diri mampu bersaing dengan bank-bank berkalber nasional dengan kinerja yang memuaskan. Saat ini market share yang diraih BPD Bali mencapai 18,67 persen. Demikian disampaikan Kepala Bagian Pengawasan Bank OJK Provinsi Bali, Yones saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Kantor Cabang Pembantu BPD Bali di jalan Ir. Soekarno, Senin (8/12). “Angka market share itu memuaskan dan patut diberikan apresiasi. Kami mendorong agar bank kebanggan masyarakat Bali ini terus berkembang” Kata Yones.

Sementara dalam kesempatan itu, Direktur Bisnis Non Kredit BPD Bali  Nyoman Suryaningsih mengatakan secara umum kinerja Bank BPD Bali cukup memuaskan dan akan terus ditingkatkan setiap tahunnya. Dikatakan, pada akhir Nopember Tahun 2014 posisi asset Bank BPD Bali  berada pada angka Rp  17,9 T , total Dana Pihak Ketiga sebesar Rp 14,8 T dan kredit sebesar Rp 12,4 T. “Khusus untuk Cabang Tabanan kami berikan apresiasi setinggi-tingginya karena telah mencapai target yang ditetapkan” Ujarnya peremuan yang tampil energik itu.

Ia memaparkan, BPD Bali Cabang Tabanan per Nopember 2014 pencapaian target untuk aset sebesar 99,96 %, Dana Pihak Ketiga 107,75 % dan Kredit sebesar 100,21 %.  “Ini tidak terlepas dari kerja keras dan dukungan stakeholder, nasabah, karyawan dan karyawati, relasi serta seluruh masyarakat Tabanan” Imbuhnya.

Sampai saat ini, secara keseluruhan jaringan kantor BPD Bali meliputi 1 Kantor Pusat, 13 Kantor Cabang, 37 Kantor Cabang Pembantu, 48 Kantor Kas, 31 kantor Pembantu Kas dan 137 ATM.  “Jaringan ini akan terus diperluas untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat akan layanan jasa perbankan” katanya.

Terkait dengan dibukanya 2 Kantor Cabang Pembantu, Kepala BPD Bali Cabang Tabanan IB Gd Ary Wijaya Gunturmenuturkan, pembukaan Kantor Cabang Pembantu Ir. Soekarno dan peningkatan status Kantor Kas Marga menjadi Kantor Cabang itu setelah melihat potensi dan aspek bisnis yang ada di Tabanan. “Ini menjadi kantor Capem kami yang ke-36 dan yang ke-37. Kami berharap masyarakat sekitar akan merasa dipermudah dan dilayani dengan baik dengan kehadiran Kantor Cabang Pembantu Ir.Soekarno dan Kantor Capem Marga yang berinduk pada kantor Cabang Tabanan”Jelasnya.

Kegiatan pembukaan cabang ini kami rangkaikan pula dengan penyerahan CSR kepada Desa Dauh Peken berupa 6 timbangan duduk dan 6 mesin pemotong rumput untuk Desa Marga. Bantuan ini sebagai wujud dukungan Bank BPD Bali terhadap pembentukan bank sampah untuk membudidayakan perilaku hidup bersih dan sehat yang dicanangkah pemerintah. “Dalam upaya mendukung program pemerintah, tahun 2014 ini, BPD Bali sudah mencanangkan bedah rumah untuk 114 rumah di Bali” Pungkas Ary. (Put/Adv)

Komentar