Hadapi Lonjakan Volume Sampah : KLH Bantu 33 Unit Motor Roda Tiga

TABANAN - Peningkatan volume sampah menjadi bisa menjadi ancaman yang serius. Bagaimana tidak, rata-rata per harinya setiap orang menghasilkan 0,5 kg sampah. Bila tidak segera ditekan, jumlah ini bisa tidak mampu ditangani akan berdampak buruk pada kualitas kesehatan masyarakat. Menghadapi persoalan serius ini, bukan hanya peran pemerintah yang dituntut, tapi peran masyarakat juga tak kalah penting. “Motor sampah roda tiga ini salah satu upaya pemerintah yang berkomitmen dalam penanggulangan sampah. Namun yang lebih penting  dibutuhkan kesadaran masyarakat. Masyarakat harus mulai pintar, mau memilah sampah, sehingga sampah itu bisa menjadi berkah”Ujar Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupeten Tabanan, Raka Iswara, Jumat (5/12).

Diterangkan Raka Iswara, sebanyak 33 unit sepeda motor roda tiga diserahkan kepada kelompok masyarakat yang peduli sampah, baik itu dikelola desa maupun bank sampah. “Jika motor roda tiga ini nantinya effektif membantu menanggulangi sampah, kita akan terus usulkan untuk mendapat DAK” Imbuhnya.

Lebih jauh diharapkan, masyarakat memiliki kepedulian terhadap lingkungan, khususnya persampahan. Setidaknya, ada dua program pemerintah yang bisa membantu mengurangi jumlah sampah bila masyarakat mau turun tangan dan ikut peduli. “Masyarakat bisa ikut program bank sampah yang mengonversi sampah non-organik menjadi tabungan. Atau untuk yang organik, masyarakat bisa bikin sampah jadi kompos.”, jelas Raka Iswara.

Kedua program yang merupakan program pro rakyat ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut mengelola sampah. Selain menyelamatkan Tabanan dari timbunan sampah, cara tersebut juga bisa menghemat biaya pengelolaan sampah. (Put)

Komentar