Bali Manggis Juice : Jus Andalan KWT Mekar Asih Serasi Pupuan

PUPUAN -Manggis memiliki nama latin Garcinia Mangostana dikenal pula dengan sebutan Queen Fruit atau ratunya buah memiliki daging berwarna putih dengan tekstur sedikit berserat namun renyah. Rasanya sangat manis dan menyegarkan karena mengandung banyak air. Namun siapa sangka, bagian paling bermanfaat dari buah manggis justru ada pada kulit buahnya. Ya, belakangan ini kulit buah manggis menjadi begitu populer karena berdasarkan penelitian memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan.

Hal ini menjadi alasan KWT Mekar Asih Serasi Desa Bantiran Kecamatan Pupuan memproduksi jus manggis yang dibanderol dengan nama Bali Manggis Juice. Dibawah arahan Nyoman Mudalara, KWT Mekar Asih Serasi yang berproduksi sejak 3 tahun lalu,  Bali Manggis Juice mulai dikenal dipasaran. Kelbihan Bali Manggis Juice adalah kualitas dan harga yang bersaing. “Saat ini kami sudah memproduksi sekitar 50 botol per hari dan permintaan terus meningkat” Ujar Mudalara Selasa (12/8) didampingi ahli fermentasi Eko Setyo Atas Maruto.

Bali Manggis Juice dibuat dari isi dan kulit buah manggis dimana memiliki khasiat bagi kesehatan. Diantaranya mengandung Xamthone yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan anti-alergi. Ada juga komponen lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin. “Karenanya Bali Manggis Juice baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh”Ungkap pria kelahiran Banjar Palisan ini.

Khasiat lainnya Bali Manggis Juice sangat rendah kalori sehingga baik untuk mereka yang melakukan diet. Kay vitamin C dan Vitamin B Kompleks. Bali Manggis Juice juga berdasar penelitian dipercaya sebagai jus anti kanker, mencegah penyakit jantung dan meremajakan kulit.

Tentang keberhasilan Bali Manggis Juice menembus pasar yang penuh persaingan di segemen jus manggis ini, tidak lepas dari sentuhan manajemen KNPI Tabanan. Seperti dituturkan Mudalara, KNPI Tabanan sejak awal memberikan arahan mulai dari cara berproduksi sampai ke pemasaran.

Selain memproduksi jus manggis, KWT Mekar Asih Serasi yang menggandeng Industri Rumah Tangga Amertha Bantiran juga melakukan inovasi dalam memanfaatkan buah boni, kopi dan coklat. Ketiga buah-buahan yang mudah dijumpai di sekitar Pupuan diolah menjadi brem. “Produksi brem boni, kopi dan coklat cukup diminati pasar” Ujar Mudalara.

Produk inovatif lainnya adalah Jus Kunyit Asam yang diharapkan menjadi minuman primadona kaum wanita. “Khasiat kunyit tidak asing lagi bagi kaum perempuan terutama untuk mengatasi masalah datang bulan, anemia dan sebagainya” Imbuhnya.

Selain itu, KWT Mekar Asih Serasi juga membuat keripik dari bungkil pisang dan daun ketela. Produk keripik ini juga cukup diminati. “Kami masih terkendala dalam kemasan” Jelas Mudalara. (Put)

Komentar