Sambut HUT ke-520 Tabanan : Diskes Kembali Gelar Pemeriksaan IVA Masal

TABANAN - Komitmen membawa Tabanan bebas Kanker Serviks sebelum 2020, Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan kembali menggelar kegiatan pemeriksaan IVA massal gratis. Kegiatan yang pertama kali digagas saat Ni Putu Eka Wiryastuti menjadi anggota DPRD Tabanan ini dilaksanakan Selasa (19/11) di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan. Menurut Kepala Dinas Kesehatan dr. Nyoman Suratmika, sekitar 2.000 ibu-ibu akan diperiksa sekaligus mendapat penanganan jika diperlukan melalui krioterafi. “Dengan langkah proaktif ini, kita di Tabanan ada pada posisi aman terhadap serangan kanker serviks yang masih menjadi pembunuh nomor satu bagi kaum wanita di Indonesia” Ujarnya, Minggu (10/11)

Pemeriksaan IVA merupakan deteksi dini yang sangat penting agar jumlah korban akibat kanker yang satu ini bisa diminimalisir. Pengalaman selama ini, setelah dilaksanakan secara masal, bisa merangsang kaum ibu untuk melakukan pemeriksaan lanjutan IVA secara mandiri. “ Mudah-mudahan kegiatan yang kita selenggarakan kali ini mampu merangsang kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri sedini mungkin serta mampu mensukseskan promosi di bidang kesehatan dengan skala yang lebih besar,” paparnya.

Sementara itu Bupati Eka yang ditemui dalam kesempatan terpisah mengatakan, optimis mencapai target Tabanan bebas kanker serviks sebelum tahun 2020.. Semakin sering diadakan pemeriksaan gratis menyasar kaum wanita di Kabupaten Tabanan bukan tidak mungkin target tersebut akan berhasil ditembus. Saat ini ia masih menduga tidak semua kaum wanita mengerti akan bahaya dari kanker yang satu ini, karenanya penting dilakukan sebuah sosialisasi. “Ketidaktahuan masyarakat, terutama kaum wanita pada bahaya kanker serviks, menunjukkan perlunya dilakukan upaya yang terus-menerus dan berkesinambungan untuk mensosialisasikan penyakit ini,” ungkapnya.

Sesama kaum wanita, putri politisi Adi Wiryatama ini tidak henti-hentinya mengajak para kaum ibu dan perempuan untuk selalu peduli dan menumbuhkan kesadaran  untuk memeriksakan diri. “Pembangunan kesehatan di Tabanan diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat.,” ujarnya. (***/Jay)

Komentar