Orari Diharapkan Berperan Memberikan Informasi Sampai Daerah Terpencil

TABANAN - Tanpa sebuah wadah yang jelas,sebuah organisasi tidak akan bisa menjalankan programnya dengan maksimal. Apalagi organisasi tersebut memiliki akses yang sangat penting di dalam masyarakat seperti Organisasi  Amatir Radio (Orari). Karena itu, Pemkab Tabanan akan terus berupaya memberikan dukungan baik berupa fisik maupun material agar organisasi tersebut ke depannya bisa menjadi partner kerja pemerintah. Demikian disampaikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat meresmikan sekretariat Orari lokal Tabanan sekaligus mengukuhkan pengurus Orari lokal Tabanan periode 2013-2016, Jumat (11/10) di Tabanan. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Orari Kabupaten Tabanan N. Adi Wiryatama,Ketua Orari Daerah Bali, SKPD di lingkungan Pemkab Tabanan serta anggota Orari sekabupaten Tabanan.

Bupati Eka dalam sambutannya mengatakan Orari memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat melalui udara. Menurutnya, saat ini masyarakat khususnya yang tinggal di daerah terpencil sulit mendapat informasi yang akurat, terutama tentang berbagai program yang dilaksanakan oleh Pemkab Tabanan. " Kami berharap melalui Orari, masyarakat kita yang tinggal di daerah terpencil tidak buta akan informasi. Karenanya kami berharap organisasi ini mampu memberikan informasi secara cepat,akurat dan terpercaya," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, program yang dibuat dan dilaksanakan oleh Pemerintah harus disosialisasikan agar bisa diketahui oleh masyarakat luas. Bukan hanya program saja, informasi mengenai bencana alam, kebakaran dan kejadian darurat lainnya juga bisa diudarakan oleh para anggota Orari."Melalui  Orari banyak informasi yang bisa disampaikan ke masyarakat terutama oleh SKPD kita seperti Badan Penanggulangan Bencana, Kesbangpolinmas dan Pemadam Kebakaran. Karena itu,kita harus bangun sinergitas yang baik untuk kemajuan, keamanan serta pembangunan di Tabanan," imbuhnya.

Pihaknya juga menegaskan,pemerintah akan mendukung penuh program Orari lokal di Tabanan. Karena itu dirinya meminta agar seluruh pihak mau bergandengan tangan mendukung seluruh program pemerintah untuk mewujudkan Tabanan Serasi.

Sementara N. Adi Wiryatama dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa terima kasihnya karena dukungan yang diberikan Pemkab Tabanan. Dengan sekretariat ini dirinya berharap semangat anggota Orari di Tabanan akan lebih terpacu lagi, karena sebelumnya Orari Tabanan sempat mengalami mati suri dan sekarang perlahan-lahan sudah bangkit kembali. "Tempat ini akan kita  pergunakan sebagai rumah kita bersama baik teman lokal dari Tabanan maupun dari seluruh bali karena persaudaraan kita bukan hanya di udara saja. Mari kita pergunakan tempat ini dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Ketua panitia Putu Puja Adnyana melaporkan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari Musyawarah Lokal (Muslok) VIII yang diadakan tanggal 3 Februari 2013 yang lalu, dimana dalam Muslok tersebut telah dibentuk pengurus Orari periode 2013-2016 dan N. Adi Wiryatama terpilih sebagai ketua.

Dirinya menambahkan, sebagai sebuah organisasi Orari tidak akan bisa berjalan maksimal tanpa tempat yang tetap yaitu sebuah sekretariat. " Kami membutuhkan sebuah tempat untuk berkumpul dan berkoordinasi dan harapan kami telah dikabulkan oleh Pemkab Tabanan. Kami mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya. Mudah-mudahan ke depan kami tetap mampu memberikan yang terbaik untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Tabanan," pungkasnya. (***)

Komentar