30 Panwaslu Kecamatan di Tabanan Dilantik

TABANAN - Sebanyak 30 orang Panitia Pengawas Pemilu (panwaslu) kecamatan sekabupaten Tabanan  dilantik. Pelantikan anggota panwaslu pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014 dilantik oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Tabanan I Made Rumada, dalam acara pengambilan sumpah jabatan, Kamis (17/10) di Hotel Vista Tabanan. Hadir menyaksikan pelantikan tersebut, Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, Anggota Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Sunadra dan para Camat.

Ketua Panwaslu Tabanan I Made Rumada mengatakan, setelah melantik panwaslu ditingkat kecamatan, panwaslu kabupaten juga akan melantik panitia pengawas lapangan (PPL) tingkat desa pada 1-5 Nopember mendatang. Rumada juga menjelaskan, PPL yang akan ditempatkan di desa akan disesuaikan dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS). "Dengan melihat jumlah desa di Tabanan yang mencapai 133 desa, ada kemungkinan jumlah PPL yang akan dilantik lebih dari 200 orang," jelasnya.

Setelah melalui tahapan pemutakhiran data dan pencalonan, hingga saat ini tahapan pemilu memasuki tahap kampanye. Untuk itu dirinya berharap kepada panwaslu di tingkat kecamatan untuk mengawasi pelaksanaan pemilu, sehingga pelanggaran dapat diminimais. "Dengan belajar dari pengalaman pada pilgub lalu yang tidak ditemukan pelanggaran pidana, Saya yakin dengan adanya kerjasama dari semua pihak maka hajatan demokrasi di Tabanan pada pemilu legislatif ini dapat berjalan dengan jujur dan adil," katanya.

Hal senada juga diungkapkan Anggota Bawaslu Provinsi Bali I Ketut Sunadra. Untuk menciptakan pemilu Tabanan yang demokratis pihaknya mengingatkan kepada penyelenggara pemilu, baik KPU, Bawaslu maupun Panwaslu bekerja sesuai dengan aturan main yang ada. Sehingga hasil yang diraih pada pemilu legislatif 9 April 2014 dapat dipercaya oleh masyarakat. "Tunjukanlah intergritas diri dengan cara meningkatkan kemampuan. Ikutilah berbagai kegiatan bimtek dan rakor dengan baik, sehingga kita bisa menjadi pengawas yang sesuai dengan harapan masyarakat," harapnya.

Dengan dilantiknya Panwaslu kecamatan, Wabup Komang Gede Sanjaya memberikan apresiasi yang luar biasa. Menurutnya keberadaan pemilu memiliki peran yang sangat penting dalam ketatanegaraan serta menilai stabilisasi arah kebijakan pembangunan. Dirinya juga menegaskan pesta demokrasi di Tabanan yang jujur dan adil tidak akan tercapai jika tidak ada peran serta dari masyarakat. "Kita menempatkan juri dan partisipan dalam hajatan pemilu dengan harapan memberikan kontribusi bagi demokrasi di Tabanan," ujarnya. (***)

Komentar