Cegah Trek-trekan Liar Polres Tabanan Gelar Car Free Night

TABANAN - Hari bebas kendaraan (car free day) di Tabanan tidak hanya dilaksanakan di pagi hari. Namun kini masyarakat dapat juga menikmatinya pada malam hari. Lounching perdana dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, Sabtu (22/9) di depan Patung Debes-Wagimin, Jalan Pahlawan Tabanan. Kegiatan bebas kendaraan di malam hari yang merupakan kali pertama dilaksanakan di Tabanan, diharapkan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat trek-trekan liar.

Sebelum dibuka secara resmi, car free night yang dilaksanakan setiap malam minggu tersebut diisi dengan konvoi oleh komunitas motor gede, mobil antik, mobil modifikasi, dan vespa yang berasal dari Tabanan serta Drum Band Serasi Pemkab Tabanan.

Kapolres Tabanan AKBP. Dekananto Eko Purwono mengatakan, pelaksaan car free night kali ini terinspirasi dari kurangnya keberadaan ruang publik bagi kaula mula untuk berkreativitas, sehingga malam minggu dimanfaatkan dengan melakukan trek-trekan atau pergaulan yang tidak terarah. "Saya terinspirasi dari pasar senggol yang selalu ramai. Jadi kenapa kita tidak manfaatkan ruang publik yang ada di Tabanan untuk berkreativitas bagi generasi muda," ungkapnya. Perwira dengan dua melati dipundaknya tersebut menambahkan, selain mengasah kreativitas seni dan mengurangi trek-trekan, car free day juga bisa dimanfaatkan untuk mengasah jiwa usaha (enterpreneur) yang dimiliki para siswa. "Selain menunjukkan kreativitas, para siswa juga bisa belajar berwirausaha, karena siswa diberikan ruang sepenuhnya untuk berjualan berbagai jenis makanan," tambahnya. (***)

Komentar