Gerbang Pangan Serasi Kawal Tabanan tetap Jadi Lumbung Pangan Bali

TABANAN -  Peningkatan produksi dan sarana prasarana di bidang pertanian menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Hal ini menjadi fokus utama Pemkab Tabanan yang disebut sebagai Gerakan Pembangunan Pangan Serasi (Gerbang Pangan Serasi). Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabanan, Kamis (19/9) saat bertemu wartawan yang bertugas di Pemkab Tabanan, mendampingi Sekkab Wirna Ariwangsa.  " Untuk meningkatkan pendapatan petani di bidang pangan kami secara berkesinambungan memberi subsidi diantaranya benih, pupuk dan sebagainya" Ujarnya.

Dijelaskan, pemerintah kabupaten juga  melakukan pendampingan untuk kelompok tani yang memperoleh program simantri. "Disamping memberi pelatihan untuk mengoptimalkan simantri, kita juga menyiapkan anggaran, dengan harapan simantri bisa berjalan baik, disamping menghasilkan produk utamanya juga bisa menghasilkan produk sampingan misalnya pupuk organik" jelas mantan Kepala Kantor Tanaman Pangan ini. Pupuk organik, kata dia, akan kembali disebar luaskan untuk petani guna bisa menghasilkan produk yang sehat menuju produk organik nantinya.

Bukan hanya itu, di bidang tanaman hortikultura pemerintah telah melakukan berbagai program intensifikasi dalam pengolahan diantaranya untuk peningkatan tanaman hias, tanaman buah, dan pengembangan sayur organik. Demikan halnya dalam bidang fisik dengan melakukan perbaikan infrasturktur seperti menggiatkan  pembangunan jalan subak dan bantuan sarana pertanian. "Dalam Gerbang Pangan Srasi kami bersinergi dengan instansi lain seperti Dinas Kehutanan, Dinas Peternakan dan Kantor Ketahanan Pangan" tandas pria asal Desa Angsri ini.

Disampaikan pula produksi beras Tabanan sejak  tahun 2008 mengalami surplus, dimana pada tahun 2012 surplus mencapai  49.613 ton. "Untuk mempertahankan Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali, kami tidak berhenti untuk melakukan inovasi terintegrasi dalan program Gerbang Pangan Srasi" Pungkasnya. (***)

Komentar