Desa Pekraman Bantiran Gelar Ngaben Masal

PUPUAN - Sebanyak 161 sawa diaben dalam acara ngaben masal yang digelar oleh Desa Pekraman Bantiran Kecamatan Pupuan. Hadir pada rangkaian upacara pitra yadnya tersebut Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan didampingi Anggota DPR RI Made Urip, Senin (26/8) kemarin di Wantilan Pura Prajapati setempat. Ngaben masal yang puncaknya akan dilaksanakan pada Rabu (28/8) juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Bali Gede Suamba, Anggota DPRD Tabanan Agus Ekananda dan Camat Pupuan.

Ketua Panitia Wayan Semerta mengatakan dari 161 sawa yang diaben, 17 diantaranya adalah ngaben untuk anak-anak (nglungah). "Ngaben masal yang kami laksanakan kali ini merupakan salah satu bentuk kebersamaan di desa kami. Kami berharap dengan rasa ini, kami bisa membangun daerah Tabanan," ungkapnya. Selain ngaben masal, upacara pitra yadnya kali ini juga dirangkaikan dengan kegiatan memukur yang diikuti oleh 10 sawa dan potong gigi (mepandes) yang diikuti oleh 17 orang. Dimana untuk melaksanakan upacara pitra yadnya, masing-masing sawa dikenakan biaya sebesar Rp. 2,5 juta. "Ngaben masal yang puncaknya jatuh pada (28/8) akan dipuput oleh 4 sulinggih dan dilanjutkan dengan meajar-ajar," jelasnya.

Rasa kebersamaan yang dibangun oleh masyarakat Desa Bantiran mendapat apresiasi dari Orang Nomor Satu di Tabanan. Menurut Bupati, dengan komitmen yang dimiliki, maka segala bentuk program dari masyarakat dan pemerintah dapat berjalan dengan baik. "Tingkatkanlah rasa persatuan dan kesatuan yang kita miliki. Dengan komitmen ini, saya selaku pemimpin daerah akan selalu mendukung segala bentuk program masyarakat," ujarnya.

Bupati Tabanan menambahkan pemerintahan tidak akan dapat berjalan jika tidak ada dukungan dari masyarakat. Untuk itu pihaknya selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk saling bahu membahu dan meningkatkan rasa gotong royong, sehingga visi Tabanan yang sejahtera, aman dan berprestasi dapat terwujud. "Jagalah semangat gotong-royong ini sampai kapanpun. Karena dengan bermodalkan rasa kebersamaan segala permasalahan dapat kita selesaikan," harapnya. (***)

Komentar